Perawatan dan Pengobatan Kanker Prostat

Angka kesembuhan untuk TTL terutama tergantung pada stadium penyakit. Dalam kasus kanker fokal, sekitar 70-85% pasien hidup 10 tahun setelah perawatan.

Dalam kasus kanker invasif di luar kapsul mikroskopis, tingkat kelangsungan hidup setelah 5 tahun adalah 85%, setelah 10 tahun adalah 75%. Sementara itu, dengan kasus kanker invasif invasif, tingkat kelangsungan hidup setelah 5 tahun adalah 70%, setelah 10 tahun adalah 40%. Oleh karena itu, diagnosis dini akan meningkatkan prognosis pasien.

Perawatan dan Pengobatan Kanker Prostat

Tergantung pada situasi, pasien akan diobati dengan salah satu perawatan berikut: operasi, perawatan endokrin atau terapi radiasi.

  • Pembedahan: operasi pengangkatan semua radikal TLT dan penghapusan nodul panggul untuk menghilangkan tumor dari tubuh, dalam kasus di mana pasien lebih awal dan pasien masih mampu menahan operasi. Saat ini, di HCMC, pasien dapat memilih salah satu dari dua metode bedah: operasi terbuka (yaitu pengangkatan tumor melalui sayatan kulit di perut) atau operasi melalui laparoskopi. Metode bedah laparoskopi lebih modern, pasien tanpa sayatan kulit, tidak ada sayatan lagi, lebih sedikit komplikasi tetapi lebih mahal karena harus dilakukan di pusat medis besar dan oleh dokter implementasi yang lebih berpengalaman.
  • Penghapusan radikal TLT dapat menyebabkan beberapa komplikasi seperti disfungsi ereksi, inkontinensia urin yang tidak terkontrol, kandung kemih kandung kemih dan kebocoran kemih. Bedah nekropsi panggul dapat meninggalkan komplikasi seperti limfadenopati, trombosis vena dalam, atau emboli paru.
  • Radioterapi: Metode ini digunakan untuk mengobati kanker kanker paru-paru pada tumor lokal, non-metastatik atau tidak metastatik. Radioterapi dapat diberikan kepada pasien dari segala usia, dalam kasus di mana operasi merupakan kontraindikasi untuk alasan medis atau untuk pasien yang tidak ingin operasi. Berdasarkan kasus per kasus, dokter akan meresepkan berbagai jenis terapi radiasi. Terapi radiasi juga dapat digunakan untuk memberikan dukungan setelah operasi.
  • Terapi endokrin adalah metode mengambil obat melawan aksi Androgen (hormon pria) dan proliferasi TLT, termasuk hormon dan zat non-hormonal. Jenis pengobatan hormonal meliputi: perdarahan testis, terapi penggantian hormon laki-laki, inhibitor hormon sintesis laki-laki. Terapi hormonal dianggap sebagai standar emas untuk kanker prostat progresif. Ketika terapi hormonal berlanjut, efek samping dari terapi akan meningkat dengan meningkatnya durasi pengobatan yang lama.
  • Kemoterapi: Kemoterapi untuk kanker. TLT bukan langkah pertama yang diambil oleh spesialis karena kanker sering sensitif hormon. Namun, karena sifat tumor yang heterogen, sensitivitas individu dapat sangat berbeda dan selalu mengarah ke resistensi endokrin tetapi dapat diobati dengan kemoterapi. . Tujuan dari kemoterapi pada kanker TLT yang tahan endokrin adalah untuk memperpanjang kelangsungan hidup pasien, menunda perkembangan penyakit dan meningkatkan kualitas hidup (mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh kanker metastatik).
  • Perawatan lain: Baru-baru ini, metode lain telah diusulkan seperti cryosurgery, frekuensi tinggi (HIFU), tetapi semuanya dalam tahap percobaan, belum tersedia. Bukti ilmiah yang akurat. Efek dari metode ini adalah untuk sementara mengurangi ukuran tumor daripada segera mengobati tumor kanker. Metode-metode ini sekarang menunggu kesimpulan yang akurat dari negara-negara maju mengenai pasien sukarelawan.

Langkah-langkah pencegahan:

  • Tes deteksi dini + SA secara berkala untuk deteksi dini.
  • Hindari makan lemak hewani daripada minyak sayur.
  • Hindari paparan bahan kimia.
  • Jangan gunakan obat hormon tanpa pandang bulu.
  • Kedelai dan teh membantu melindungi prostat.
  • Kedua makanan ini dapat membantu mencegah perkembangan kanker payudara pada wanita dan pria. Efeknya akan meningkat jika dikombinasikan dengan teh dan kedelai.

Bahkan, karena kebiasaan menggunakan teh dan kedelai, kejadian PJK di China sangat rendah.

shares