Pengertian dan Pentingnya Polis Asuransi Jiwa

Pengertian dan Pentingnya Polis Asuransi JiwaPerkembangan asuransi di Indonesia terbilang cukup baik karena banyaknya berbagai jenis perusahaan dengan polis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat seperti polis asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, asuransi kepemilikan rumah dan properti, asuransi pendidikan, asuransi bisnis, asuransi umum, asuransi kredit, asuransi kelautan, dan asuransi perjalanan.

Asuransi sendiri merupakan perjanjian antara kedua belah pihak di mana pihak yang satu berkewajiban memberikan jaminan sesuai kesepakatan dan ketentuan kepada pihak lainnya yang membayar iuran atau premi apabila terjadi sesuatu yang menimpa pihak yang membayar premi. Terkadang asuransi jarang terpikirkan oleh masyarakat ketika dalam keadaan aman.

Namun dengan banyaknya musibah dan kecelakaan yang terjadi membuat masyarakat sadar akan pentingnya asuransi terutama untuk perlindungan jiwa sehingga mereka memilih untuk menggunakan layanan asuransi. Dengan didukungnya perusahaan yang banyak maka masyarakat bisa memilih layanan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Memahami Tentang Polis Asuransi Jiwa

Banyak dari mereka yang masih belum memahami tentang pengertian asuransi jiwa yang menganggap bahwa asuransi jiwa itu tidak penting padahal asuransi jiwa sangatlah penting. Asuransi jiwa memiliki tujuan untuk menanggung resiko kerugian finansial pemegang polis seperti resiko kematian ataupun hidup seseorang yang terlalu lama.

Setiap asuransi memiliki polis yang seringkali diabaikan oleh pemegang asuransi. Polis ini sendiri adalah aturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan terkait, berisi aturan-aturan mengenai perjanjian antara perusahaan asuransi dan pemegang asuransi. Polis dari asuransi manapun termasuk polis asuransi jiwa sangatlah penting untuk dibaca dan diikuti untuk mencegah kejadian dimana pemegang asuransi tidak dapat mencairkan klaim asuransi karena tidak sesuai dan melanggar polis asuransi.

Pentingnya Polis Asuransi Jiwa

Sampai saat ini masih banyak yang membeli asuransi tanpa membaca polis asuransi terlebih dahulu. Manfaat asuransi jiwa yang dibeli juga bisa dibaca dalam polis sehingga pembelian produk asuransi akan lebih bermanfaat. Berikut terdapat beberapa alasan pentingnya membeli asuransi jiwa.

  1. Perlindungan Finansial Keluarga

Tidak ada yang tahu kapan kita akan hidup dan meninggalkan keluarga tercinta. Untuk mengantisipasi hal tersebut jika terdapat musibah yang terjadi dan terpaksa harus meninggalkan keluarga untuk selamanya, tidak ada salahnya untuk membeli asuransi jiwa karena keluarga akan mendapat uang pertanggungan untuk hidup jika kejadian yang tidak diinginkan terjadi.

  1. Perlindugan Resiko Meninggal Dunia Karena Penyakit Berbahaya

Penting bagi anda untuk melindungi diri dari penyakit yang dapat menyebabkan kematian karena menurut World Health Organization (WHO) pada tahun 2002, terdapat 10 penyebab utama kematian di Indonesia yaitu TBC, penyakit pernafasan, jantung koroner, penyakit bayi baru lahir, diabetes, diare, darah tinggi, kelainan pembuluh darah, penyakit paru-paru, kecelakaan lalu lintas.

  1. Tabungan dan Persiapan Pensiun

Karena pembayaran premi asuransi jiwa yang teratur dan bersifat teratur, tidak mudah diambil sewaktu-waktu membuat asuransi jiwa menjadi pilihan alternatif sebagai tempat menabung untuk kebutuhan jangka panjang.

  1. Investasi Masa Depan

Selain tabungan, asuransi ini juga bisa dijadikan sebagai investasi di masa yang akan datang untuk kebutuhan di masa depan.

  1. Menjamin Pendidikan Anak

Bagi anda yang memiliki anak yang masih sekolah pasti ingin anak anda melanjutkan pendidikannya dan mencapai cita-citanya. Di dalam polis asuransi jiwa tertulis manfaat dimana tanggungan yang diberikan cukup untuk membiayai pendidikan anak jika terjadi musibah yang tidak diinginkan yang menyebabkan anak harus ditinggalkan.

shares