Mudah! Inilah Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan

Mudah! Inilah Cara Cek Tagihan BPJS KesehatanBPJS Kesehatan merupakan program pemerintah yang bergerak dalam hal penyelenggaraan program jaminan sosial di bidang kesehatan. Sejak resmi beroperasi sejak tahun 2014 lalu, BPJS Kesehatan menjadi populer dan cukup menarik minat masyarakat karena tarif yang dikenakan pun terjangkau bagi seluruh kalangan masyarakat. Lalu bagaimana cara cek tagihan BPJS Kesehatan?

Kini Anda tak perlu lagi repot mendatangi kantor BPJS hanya untuk menanyakan perihal ini, karena terdapat berbagai cara mudah dan praktis yang dapat Anda lakukan guna mengetahui tagihan BPJS Kesehatan Anda. Bagaimana caranya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Melalui Website BPJS Kesehatan

Cara pertama yaitu mengecek melalui website resmi dari BPJS Kesehatan. Anda dapat membuka website resminya di alamat https://bpjs-kesehatan.go.id. Pengecekan tagihan BPJS Kesehatan di website berlaku bagi peserta mandiri atau bukan penerima upah.

Setelah membuka website, akan muncul halaman website dengan tampilan berbagai pilihan layanan. Carilah tanda panah pada bagian sebelah kanan halaman, lalu klik dan pilih “Cek Iuran BPJS Kesehatan”. Setelah Anda klik, langkah selanjutnya adalah mengisi identitas diri seperti nomor kartu dan tanggal lahir, lalu isi angka validasi dan klik “Cek”.

Melalui SMS Gateaway

Jika handphone Anda tidak terkoneksi dengan internet, tak perlu khawatir karena terdapat cara lain yang dapat Anda lakukan yaitu dengan metode SMS. Layanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan ini disebut juga layanan SMS Gateaway, dan dapat dihubungi di nomor 087775500400.

Untuk dapat mengecek tagihan BPJS Kesehatan melalui SMS, caranya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengetikkan salah satu nomor data diri Anda, baik itu NIK atau Nomor Induk Kependudukan, NOKA atau Nomor Kartu BPJS Kesehatan, maupun NIP atau Nomor Induk Pegawai yang Anda miliki.

Sebagai contoh Anda akan memasukkan nomor NOKA, maka Anda harus mengetikkan “Tagihan (spasi) nomor kartu BPJS Kesehatan Anda” lalu kirimkan ke nomor yang telah disebutkan diatas. Melalui layanan SMS Gateaway, Anda dapat mengetahui informasi mengenai jumlah tagihan bulanan Anda serta jumlah denda yang harus dibayarkan jika ada.

Melalui Aplikasi Mobile JKN

Cara cek tagihan BPJS Kesehatan selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi mobile JKN. Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi dari BPJS Kesehatan yang memiliki segudang manfaat bagi para pesertanya, mulai dari memantau tagihan, status, serta kebutuhan-kebutuhan peserta lainnya terkait dengan BPJS Kesehatan.

Caranya Anda cukup mengunduh aplikasi “Mobile JKN” di Google Play Store. Setelah ter-install, buka aplikasi dan lakukan login. Pada halaman selanjutnya pilih “Tagihan”, lalu untuk melihat rincian tagihan Anda pilih “Premi”.

Melalui Call Center BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan juga menyediakan layanan call center yang dapat diakses kapan saja selama 24 jam di nomor 1500 400. Tak hanya seputar BPJS Kesehatan saja, Anda juga dapat melakukan pengaduan, keluhan, hingga konsultasi kesehatan.

Dimana Membayar Iuran BPJS Kesehatan?

Kini pembayaran iuran BPJS Kesehatan tak hanya dapat dilakukan di kantor BPJS Kesehatan saja, namun juga dapat dibayarkan melalui kantor pos terdekat. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pembayaran melalui minimarket yang telah bekerjasama dengan pihak BPJS Kesehatan maupun melalui ATM BNI, BRI, BCA, Mandiri, dan BTN.

Anda juga dapat melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan di loket pembayaran multi tagihan. Karena kini sudah banyak loket yang menyediakan layanan pembayaran mulai dari tagihan telepon, listrik, hingga iuran BPJS Kesehatan.

Demikianlah cara cek tagihan BPJS Kesehatan. Kini Anda sudah mengetahui cara mudahnya, bukan?

shares