Kandungan, Efek dan Manfaat Green Coffee yang Perlu Diketahui

Kandungan, Efek dan Manfaat Green Coffee yang Perlu DiketahuiIndonesia terkenal dengan berbagai produk dari perkebunan kopi. Salah satu varietas yang baru mulai dicintai adalah green coffee atau kopi hijau. Kopi hijau mengandung antioksidan dan nutrisi yang bagus untuk tubuh. Sehingga Manfaat green coffee sangat bagus untuk kesehatan. Untuk lebih lengkapnya berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui dari kopi hijau.

Kandungan dalam Green Coffee

Bagi Anda yang tidak terbiasa minum kopi karena adanya kafein, cobalah kopi hijau. Tidak seperti minuman kopi lainnya, kopi hijau mengandung kafein rendah karena tidak disangrai, sehingga mengurangi kafein. Sehingga untuk Anda yang tidak suka dengan kopi karena adanya kafein, Anda masih bisa mengonsumsi kopi hijau.

Biji kopi hijau juga mengandung polifenol dan asam klorogenat, seperti ekstrak biji anggur dan teh hijau. Kopi hijau mengandung antioksidan yang membantu tubuh menetralkan radikal bebas berbahaya. Asam klorogenat dapat dihancurkan dengan memanggang biji kopi hijau. Klorogenat berfungsi meningkatkan metabolisme hati, membakar lemak dalam jumlah besar.

Efek samping dari Green Coffee

Seperti halnya biji kopi lainnya, kopi hijau juga mempunyai kafein seperti kopi pada umumnya, namun lebih rendah. Nah, kehadiran kafein dalam biji kopi hijau kemudian menyebabkan efek samping bagi tubuh jika Anda terlalu banyak mengonsumsi kopi hijau. Diantaranya dapat menyebabkan sakit kepala, gelisah, gangguan pernafasan dan detak jantung tidak teratur.

Asam klorogenat itu sendiri selain bermanfaat juga tidak aman apabila dikonsumsi berlebihan. Konsumsi berlebihan senyawa biologis ini tampaknya dapat menyebabkan masalah yang dikenal sebagai hyperhomocysteinemia, yang terbukti berbahaya bagi tubuh.

Homocysteine ‚Äč‚Äčadalah sejenis senyawa asam amino yang ditemukan dalam tubuh yang merupakan unsur dalam darah. Ketika jumlahnya terlalu tinggi, darah akan cenderung merusak arteri dengan membentuk jaringan kapur di pembuluh darah dan menyebabkan pembekuan darah. Kondisi ini dapat menyebabkan masalah jantung dan memicu stroke di tubuh.

Manfaat dari Green Coffee

Terlepas dari efek samping yang negatif terhadap tubuh dan kesehatan, apabila Anda mengonsumsi kopi hijau dengan benar dan sesuai anjuran akan banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan. Kandungan asam klorogenat dianggap dapat menekan darah tinggi dan juga dapat menetralisir pembuluh darah.

Tidak berhenti di situ, kopi hijau juga berguna untuk menurunkan berat badan. Karena asam klorogenat dalam kopi hijau dianggap mempengaruhi bagaimana tubuh berurusan dengan kadar gula darah dan memicu metabolisme agar lebih lancar. Serta tingginya kadar antioksidan yang terkandung dalam biji kopi hijau dapat memerangi radikal bebas dalam tubuh.

Selama Anda mengkonsumsi kopi hijau dalam takaran yang tepat, kopi hijau ini masih aman dikonsumsi. Anda dapat mengonsumsi maksimum 490 mg biji kopi hijau per hari hingga 12 minggu. Dengan begitu manfaat green coffee akan bisa Anda rasakan, tanpa perlu khawatir dengan efek sampingnya.

shares