Jenis – JenisTinta Printer yang Sering Digunakan

Saat Anda ingin membeli sebuah printer baik untuk kebutuan usaha dan bisnis Anda atau kebutuhan pribadi Anda, tentukanlah jenis printer Anda sebab setiap printer menggunakan jenis – jenis tinta yang berbeda.

Dan perlu Anda ketahui bahwa setiap tinta yang digunakan memiliki hasil cetak yang berbeda, dan setiap jenis tinta printer memiliki kelebihan dan kekurangan. Memahami manfaat dari masing-masing jenis tinta dapat membantu Anda membuat pilihan yang tepat untuk kebutuhan perusahaan Anda.

Tinta Cair

Tinta Cair

Printer inkjet menggunakan jenis tinta cair untuk menghasilkan teks dan gambar, menyemprotkan tetesan mikroskopis ke kertas tempat tinta masuk. Tinta inkjet biasanya memiliki dua jenis tipe berdasarkan kualitas.

Tinta berbasis pewarna lebih murah, tetapi menghasilkan gambar yang dapat memudar seiring waktu atau ketika terkena sinar ultraviolet atau sinar matahari. Tinta berbasis pigmen yang memiliki hargalebih mahal, menyimpan partikel kecil warna pada permukaan kertas dan lebih tahan terhadap pudar.

Printer dengan menggunakan jenis tinta cair ini memungkinkan Anda mencetak warna yang lebih cerah daripada jenis printer lainnya sehingga jenis ini cocok untuk menghasilkan foto dan gambar.

Tinta Toner

Tinta TonerPrinter laser dan LED menggunakan bentuk tinta kering yang disebut toner, yang terbuat dari partikel kecil pigmen. Saat Andamencetak dokumen, printer menggunakancahaya yang kuat untuk mengisi drum yang berputar, yang kemudian menarik partikel toner kedalam gambar halaman.

Drum kemudian memadukan toner kekertas dengan panas, menanamkan partikel kepermukaan. Printer laser dan LED lebih cepat dari printer inkjet, meskipun mereka tidak dapat menghasilkan kualitas warna yang sama seperti model tinta printer cair.

Tinta Solid

Tinta SolidJenis tinta printer lainnya adalah menggunakan “tinta solid” atau tinta padat, partikel – partikel pigmen yang tertanam dalam lilin mirip dengan krayon. Perangkat ini menggunakan print head yang dipanaskan untuk melelehkan lilin dan menyimpannya di atas kertas, membentuk gambar dalam beberapa lapisan.

Tinta padat tidak beracun dan menyisakan sedikit kemasan, dibentuk menjadi tongkat padat yang Anda masukkan kedalam wadah printer Anda. Salah satu kelemahan dari tinta padat adalah bahwa pigmen dan lilin meninggalkan tekstur yang terlihat padahalaman, yang dapat Anda gesek secara tidak sengaja saat memegang dokumen.

Tinta Ribbons

Tinta RibbonsPrinter impact dan dot matrix menggunakan jenis tinta printer ribbons. Kartrid printer ini berisi komponen pita kain panjang pada roda dan melewati reservoir tinta. Saat dipasang, pita berada di antara kepala cetak dan halaman.

Kepala cetak akan menghasilkan tulisan atau gambar pada halaman melalui pita. Kartrid yang dihasilkan pita tinta bisa saja tebal, tergantung dari warna printer yang digunankan dan paling sering tersedia dalam variasi monokrom atau merah dan hitam, sehingga bisa dibilang untuk variasi warna pada jenis tinta ini cukup sedikit.

Itulah jenis – jenis tinta printer yang sering digunakan dan mudah untuk Anda temukan di pasaran, Anda bisa menemukan semua jenis tinta printer diatas di E-print pusat tinta printer yang berkualitas dan terpercaya yang memiliki harga terjangkau.

shares