Ini Penyebab Anak Picky Eater dan Cara Mencegahnya

Ini Penyebab Anak Picky Eater dan Cara Mencegahnya

Orang tua biasanya akan merasa galau ketika anak mereka susah makan maupun pilih-pilih makanan. Tak sedikit juga yang merasa stres menghadapi sikap anak semacam ini. Sebenarnya kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Berikut penyebab anak picky eater dan cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya.

  1. Gangguan Kesehatan

Anak-anak yang mengalami gangguan kesehatan tertentu bisa saja menderita gangguan makan. Misalnya adalah adanya gangguan pada kondisi gigi dan mulut mereka. Penting sekali untuk memeriksa kondisi kesehatan fisik anak untuk memastikan penyebab gangguan makan yang mereka alami.

Jika memang terjadi gangguan kesehatan tertentu, langsung konsultasikan kepada dokter untuk memastikannya. Dokter tentu akan memberikan diagnosis yang tepat dan menyarankan solusi yang pas.

  1. Keaktifan Anak

Tingkat keaktifan anak juga berpengaruh pada kebiasaan makan yang ia miliki. Anak-anak yang terlalu aktif biasanya cenderung lupa pada rasa lapar. Mereka terlalu asyik beraktivitas dan mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya hingga lupa bahwa mereka harus makan.

  1. Trauma Makan

Setiap anak bisa saja mengalami trauma makan. Ini adalah kondisi dimana mereka merasa takut saat makan karena ada pengalaman yang tidak menyenangkan. Bisa saja mereka pernah tersedak atau dipaksa makan oleh orang tua. Pemaksaan membuka mulut saat makan sangat mungkin meninggalkan rasa trauma pada anak.

  1. Kesalahan Orang Tua

Kebiasaan makan si kecil harus dibentuk dengan tepat. Orang tua memiliki peran penting dalam membentuk kebiasaan tersebut. Misalnya, anak harus terbiasa fokus makan tanpa distraksi apapun seperti TV maupun handphone. Anak juga harus terbiasa makan dalam kondisi yang menyenangkan.

Orang tua harus menurunkan rasa egois mereka saat menyajikan makanan kepada anak. Jika anak sedang tak nafsu makan, jangan memaksa mereka untuk makan. Jika kemampuan anak makan dalam porsi kecil, jangan memaksa mereka menghabiskan porsi yang besar.

  1. Buat Suasana Makan yang Menyenangkan

Agar tidak terjadi gangguan makan di kemudian hari, berusahalah untuk selalu membuat suasana makan yang menyenangkan. Ajak anak makan di tempat yang nyaman. Anda bisa menemani mereka makan sambil mengobrol tentang hal-hal yang mereka sukai.

  1. Sajikan Kreasi Menu yang Menarik

Buatlah sajian menu yang menarik setiap hari untuk mengatasi rasa bosan anak. Orang tua harus pandai memutar otak menyajikan menu makanan yang kreatif dan enak. Selain bermain dengan rasa, Anda juga bisa berkreasi dengan cara penyajian. Buatlah bentuk-bentuk yang menarik supaya anak semakin bersemangat.

Itulah tadi beberapa hal yang berhubungan dengan penyebab dan cara mencegah anak picky eater. Tak perlu dipikirkan terlalu keras sampai stres, karena masalah ini sangat wajar terjadi pada setiap anak. Anda sebaiknya menyikapi masalah tersebut dengan santai agar anak juga bisa santai dan mau makan dengan lahap kembali.

shares