Ini Dia 6 Manfaat Memberikan MPASI Pada Bayi di Atas Usia 6 Bulan

mpasi 6 bulan pertama terbaikBayi yang baru lahir pada dasarnya memang hanya boleh diberikan makanan atau asupan nutrisi dalam bentuk asi atau susu saja, karena memang sistem pencernaan mereka belum bisa digunakan untuk mencerna semua jenis makanan. Hal ini disebabkan tubuh belum memproduksi semua enzim yang dapat digunakan untuk mencerna zat makanan tertentu. Itulah mengapa mungkin sering kali Anda menjumpai buah hati tersebut mengalami diare setelah mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu yang memang belum waktunya diberikan kepada mereka. Namun setelah menginjak usia 6 bulan ke atas nantinya orang tua harus memberikan produk makanan pendamping diantaranya adalah MPASI.

Makanan pendamping asi dianjurkan untuk diberikan kepada buah hati, karena memang organ pencernaan mereka sudah siap dan butuh asupan makanan lebih, mengingat ukuran tubuh semakin besar begitu juga aktivitas yang dilakukan oleh si kecil jadi semakin aktif. Dengan pemberian makanan pendamping asi ini, sebenarnya ada banyak sekali manfaat yang dirasakan oleh buah hati, diantaranya adalah:

  1. Menambah vitamin dan juga mineral, kandungan nutrisi yang ada dalam produk makanan pendamping ini banyak sekali, termasuk diantaranya adalah vitamin dan juga mineral, sehingga bisa mencukupi kebutuhan si kecil. Asupan makanan tersebut nantinya juga berguna untuk mempengaruhi produktivitas enzim yang ada di dalam tubuh mereka.
  2. Berguna untuk menyapih buah hati secara perlahan, dengan adanya MPASI ini sebenarnya juga termasuk upaya untuk bunda menyapih mereka dari pemberian asi secara eksklusif. Karena sudah ada asupan atau sumber makanan tambahan untuk menunjang nutrisi yang diberikan kepada si kecil. Tidak serta merta berasal dari asi saja, melainkan juga sumber yang lainnya.
  3. Membantu optimalkan pertumbuhan bayi, jika seandainya kebutuhan nutrisi mereka juga jauh lebih banyak dibandingkan dengan sebelumnya, namun tidak disertai dengan asupan makanan yang cukup ini tentunya sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan pertumbuhan berlangsung melambat. Sebaliknya, jika kebutuhan nutrisi tercukupi maka pertumbuhan di kecil nantinya akan jadi semakin optimal.
  4. Cegah gizi buruk pada anak, mengacu pada poin nomor 3, jika seandainya asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh buah hati tidak tercukupi, secara otomatis tentu akan membuat pertumbuhan mereka kurang optimal. Buah hati beresiko tinggi untuk mengalami gizi buruk. Pertumbuhan jadi lambat bahkan berat badan kurang dari angka normal.
  5. Membantu untuk meningkatkan kecerdasan anak, jika seandainya semua asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh si kecil terpenuhi, termasuk diantaranya juga AHA, DHA, Omega3 dan yang lainnya, hal ini juga berfungsi untuk mengoptimalkan pertumbuhan sel-sel otak mereka. Sehingga nantinya buah hati akan jadi jauh lebih cerdas.
  6. Memperbaiki sistem pencernaan mereka, manfaat lain dari makanan pendamping asi sebenarnya juga dapat membantu perbaikan pencernaan mereka sehingga nantinya jadi normal layaknya orang dewasa, karena lebih banyak enzim untuk pencernaan yang diproduksi. Sehingga si kecil juga tidak akan hanya bergantung dengan asi saja, melainkan juga sumber makanan yang lainnya.

Banyak sekali bukan manfaatnya, sehingga ada baiknya untuk tidak menunda, jika seandainya sudah memasuki usianya. Maka langsung berikan mereka MPASI. Produk makanan semacam ini selain bisa dibuat sendiri sebenarnya juga bisa didapatkan secara mudah di pasaran, lebih praktis pembuatannya. Hanya saja sebagai orang tua yang cerdas hendaknya juga selektif dalam memilih yang benar-benar aman untuk buah hati Anda.

shares