Doa Pernikahan untuk Calon Pengantin

Doa Pernikahan untuk Calon Pengantin

Menikah adalah salah satu dari sekian banyak tujuan utama hidup. Dan menikah, bukan hanya perkara hati, namun juga kesiapan diri untuk melangkah pada jenjang berikutnya bersama sesorang yang memang telah menjadi pilihan yang tepat. Menyiapkan pernikahan juga tidak bisa sembarangan. Banyak hal yang harus diurus, selain soal administrasi juga harus menyiapkan diri. Dan selalu meminta berkah kepada Allah, agar semua dilancarkan segala urusan pernikahannya dengan selalu memanjatkan doa pernikahan, agar segala urusan dalam pernikahannya diberikan kelancaran dan keberkahan.

Doa pernikahan sebagai pengharapan kepada Allah bukan hanya agar dilancarkan segala persiapan acara pernikahannya, tetapi juga sebagai doa untuk menjadi pasangan yang diridhai pernikahannya oleh Allah. Bernaungkan kedamaian, kebahagiaan, dan dijauhkan dari hal-hal yang bisa menggoyahkan kehidupan rumah tangganya.

Di dalam Islam, kitab suci Alquran  banyak ayat-ayat di dalamnya yang juga menjadi doa-doa yang bisa menjadi pegangan dalam hidup, tidak terkecuali dalam pernikahan. Dan, berikut adalah beberapa doa untuk calon pengantin:

  1. Doa saat menikah, surah Al- Israa’ ayat 80

“Ya Tuhan-ku, masukkanlah aku secara masuk yang benar dan keluarkanlah (pula) aku secara keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong.”

  1. Doa sebelum menikah agar mendapatkan jodoh yang baik, surah Asy- Syuaraa ayat 83

 “Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku Hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh.”

  1. Doa agar persiapan dan acara pernikahannya dilancarkan, surah Al-Kahfi ayat 10

 “Wahai Tuhan Kami, berikanlah rahmat kepada Kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi Kami petunjuk yang Lurus dalam urusan Kami (ini).”

Doa pernikahan untuk calon pengantin memang telah diatur sebagaimana memestinya di dalam Islam. Sebagai hamba yang beriman, tentu selain berusaha juga harus dibarengi dengan doa, agar apa yang dikehendaki diberikan ridha oleh Allah dan acara pernikahan yang sebagai salah satu ibadah yang menyempurnakan separuh agama diberikan keberkahan.

shares