Cara Perawatan Mesin Kopi Otomatis

Cara Perawatan Mesin Kopi OtomatisTeknologi mesin kopi saat ini sudah semakin canggih. Bahkan ada yang bisa beroperasi secara otomatis. Bagi Anda yang memiliki mesin kopi sendiri di rumah, penting sekali untuk mengetahui cara perawatan yang tepat. Berikut cara perawatan mesin kopi otomatis yang bisa Anda lakukan.

  1. Jaga Kebersihan

Poin penting yang harus diperhatikan untuk merawat mesin kopi Anda adalah kebersihan. Pastikan bahwa setiap komponen mesin selalu dalam kondisi yang bersih. Bagian yang paling penting untuk diperiksa adalah filter atau penyaring. Filter harusĀ  dibersihkan setiap kali Anda selesai membuat kopi agar tidak mencemari rasa.

Selain filter, bagian lain dari mesin kopi juga harus dijaga kebersihannya. Selain menjaga kebersihan komponen mesin, Anda juga harus menjaga kebersihan lingkungan sekitar mesin. Ini dilakukan agar mesin bisa bekerja dengan baik dan operator juga tidak kesulitan mengoperasikan mesin.

  1. Descaling

Apa itu descaling? Descaling merupakan pembersihan bagian internal aliran pipa pada mesin pembuat kopi. Descaling ini bisa Anda lakukan setiap satu bulan sekali. Fungsinya adalah untuk membersihkan kotoran-kotoran yang bisa saja menimbulkan sumbatan.

  1. Hindari Perendaman

Jangan pernah melakukan perendaman saat membersihkan mesin kopi. Komponen mesin kopi tidak perlu direndam untuk menghilangkan kotorannya. Perendaman bisa saja menimbulkan kerusakan pada komponen mesin kopi.

Jika ingin menggosok komponen mesin, gunakan bahan yang lembut agar tidak menimbulkan goresan. Bersihkan komponen mesin dengan hati-hati agar tidak terjadi kerusakan. Jika noda sulit dihilangkan, Anda bisa menggunakan campuran air dan cuka. Ingat, jangan gunakan material yang kasar untuk mengelap komponen mesin.

  1. Bersihkan dalam Posisi Mati

Saat membersihkan mesin kopi, pastikan sudah terlepas dari sumber listrik. Mesin kopi seharusnya ada dalam posisi mati saat dibersihkan. Kecuali jika Anda ingin melakukan decalcification untuk menghilangkan penumpukan mineral di dalam mesin kopi.

Proses decalcification dilakukan dengan menyalakan mesin kopi dan menjalankannya sebanyak satu siklus pembuatan kopi. Anda perlu memasukkan cairan pembersih yaitu campuran air dan cuka ke dalam ketel uap. Cairan inilah yang kemudian akan membersihkan sisa-sisa mineral pada komponen mesin kopi.

  1. Lakukan Sesuai Buku Petunjuk

Setiap jenis mesin kopi memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Pastikan untuk membersihkan mesin sesuai dengan buku petunjuk. Perhatikan apa saja yang bisa Anda lakukan dan tidak seharusnya dilakukan. Jangan membuat teori sendiri karena langkah pembersihan yang salah bisa menyebabkan mesin kopi rusak.

Saat ini ada banyak sekali produk mesin kopi otomatis yang semakin canggih. Setiap ada perubahan komponen mungkin juga ada perbedaan cara merawat sehingga harus sangat diperhatikan.

Itulah tadi cara merawat mesin kopi otomatis yang bisa Anda lakukan. Pastikan Anda sudah melakukan cara perawatan yang benar agar mesin kopi selalu awet. Jika Langkah perawatannya tepat, maka kerusakan pada mesin kopi bisa dihindari.

shares