Cara Melatih Kemampuan Anak Berpikir Sejak Kecil

Cara Melatih Kemampuan Anak Berpikir Sejak Kecil

Setiap orang tua pasti menginginkan anak yang cerdas dan sehat dalam segi fisik maupun mental. Orang tua juga ingin anak memiliki kemampuan berpikir yang baik. Kemampuan ini dapat diasah sejak kecil hingga anak dewasa. Kemampuan anak berpikir biasanya akan cukup matang saat anak berumur 3-4 tahun. Pada usia tersebut, anak mulai mampu memecahkan masalah yang sederhana bahkan bisa menguji dan menganalisis kegiatan yang dialaminya.

Melatih Kemampuan Berpikir Anak

Kemampuan berpikir ini sangat penting dan diasah sejak kecil karena akan membantu anak menjalankan kehidupan lebih baik saat anak dewasa. Anak juga dapat menjadi lebih aktif dan pintar dengan memiliki kemampuan berpikir yang baik. Berikut terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melatih kemampuan berpikir anak.

  1. Bermain blok bangunan atau lego

Bermain Lego dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif anak karena blok bangunan memiliki bentuk dan warna yang bervariasi. Anak akan diminta untuk membentuk bangunan sesuai instruksi atau bisa membuat bangunan sendiri. Dengan ini anak akan mulai berfikir yang otomatis dapat meningkatkan kreativitas si kecil bahkan dapat meningkatkan kemampuan anak dalam memecahkan masalah, kepercayaan diri, dan kemampuan berhitung.

  1. Membaca

Ternyata dengan membaca juga dapat meningkatkan kemampuan anak berpikir menjadi lebih baik apalagi jika dilakukan secara rutin. Membaca memang memiliki banyak manfaat baik itu untuk belajar membaca, meningkatkan daya ingat, meningkatkan pemahaman, dan juga daya pikirnya. Mulailah dengan membacakan anak buku cerita hingga pada waktunya anak bisa membaca sendiri.

  1. Bermain puzzle

Puzzle menjadi permainan anak yang mengasyikkan apalagi jika memiliki gambar-gambar yang lucu dan menarik perhatian anak. Puzzle memang sudah dikenal sebagai permainan yang dapat meningkatkan kecerdasan anak termasuk daya berpikirnya.

Dengan bermain puzzle akan membantu mendukung konsentrasi anak, meningkatkan motorik halus, kemampuan visual, dan daya ingatnya. Pilih puzzle yang memiliki gambar karakter favorit anak dimulai dari puzzle yang sederhana hingga ke tingkat yang sulit.

  1. Bermain pretend play

Permainan ini cukup unik dan dibutuhkan keaktifan anak sehingga sangat digemari oleh anak-anak. Ibu hanya perlu menyiapkan perlengkapan untuk anak bermain sehingga anak bisa pura-pura memasak, menjadi dokter, pilot, bahkan menjadi pahlawan. Biarkan anak berimajinasi dengan bermain peran yang ia sukai.

Pretend play memiliki manfaat dalam meningkatkan kecerdasan otaknya, kemampuan berbahasa, bertanggung jawab, memecahkan masalah, dan juga dapat lebih memahami diri sendiri dengan mencari tahu bakatnya sejak dini.

Untuk meningkatkan kemampuan anak berpikir yang lebih baik, ibu juga harus memperhatikan asupan nutrisi si kecil untuk mendukung tumbuh kembangnya dan juga meningkatkan daya pikirnya. Ibu bisa memberikan susu Nutrilon Royal sesuai usia anak. Nutrilon Royal mengandung Omega 3 dan Omega 6 yang baik untuk perkembangan kecerdasan otak serta kandungan nutrisi lainnya untuk mendukung pertumbuhan anak.

Deskripsi : anak berpikir merupakan kemampuan yang dapat ditingkatkan dan dilatih sejak dini sehingga lebih maksimal.

shares