Beberapa Keperluan Bayi New Born yang Harus Dipersiapkan Sejak Awal

Beberapa Keperluan Bayi New Born yang Harus Dipersiapkan Sejak AwalMempersiapkan keperluan bayi new born merupakan salah satu hal yang menyenangkan bagi calon orang tua. Dengan mempersiapkan keperluan bagi bayi baru lahir akan membuat ibu menjadi lebih tenang saat akan menghadapi proses kelahiran. Selain itu, persiapan keperluan bayi baru lahir akan sangat baik untuk bayi karena semua kebutuhannya akan terpenuhi dengan baik. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan keperluan bagi bayi yang baru lahir.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan keperluan bagi bayi yang baru lahir adalah pakaian dan alat perlengkapan bayi. Pakaian bayi termasuk baju, celana, popok, dan sabun bayi. Pakaian bayi hendaknya disesuaikan dengan jenis kelamin bayi. Sehingga, bayi akan tampak lebih cocok dengan jenis pakaian yang digunakan. Akan tetapi, jika jenis kelamin bayi tidak diketahui sebelum melahirkan, maka pilihlah pakaian bayi dengan warna netral sehingga bisa digunakan oleh bayi laki-laki maupun perempuan.

Pakaian bayi juga hendaknya memiliki ukuran yang lebih besar. Hal ini dilakukan agar bayi dapat memakai pakaian tersebut dalam jangka waktu cukup lama. Selain itu, bayi yang baru lahir juga akan membutuhkan kondisi yang hangat agar tidak mudah terserang batuk pilek. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan memberikan selimut bayi, kain bedong, bedcover, perlak bayi, bantal peyang, dan gendongan. Hal ini digunakan agar bayi saat tidur di kasur ataupun digendong akan tetap merasa nyaman. Bayi yang baru lahir juga membutuhkan alat mandi khusus seperti handuk, sabun, dan sampo. Pilihlah kain handuk yang bisa menyerap air dengan baik dan lembut di kulit bayi.

Selain itu, pilihlah produk mandi yang cocok digunakan oleh bayi karena kulit bayi yang sensitif akan mudah terkena iritasi dari beberapa produk pabrik. Jika kamu melahirkan di rumah sakit, maka pastikan kamu membawa semua benda yang dibutuhkan oleh bayi baru lahir dalam sebuah tas agar lebih mudah dibawa saat akan melahirkan.

Bayi yang baru lahir juga akan membutuhkan ASI dalam jumlah yang cukup banyak. Untuk itu, ibu harus mempersiapkan keperluan menyusui dengan baik. Beberapa alat yang digunakan untuk keperluan menyusui adalah botol susu, pumping, dan kantong ASI. Sementara itu, ASI yang telah dipumping harus disimpan dalam suhu yang rendah, maka kamu membutuhkan cooler bag. Setiap alat yang digunakan juga hendaknya dalam kondisi yang bersih dan terbebas dari kuman, jamur, ataupun virus. Untuk itu kamu bisa menggunakan produk Sleek Baby Bottle & Nipple Wash dan UV sterilisasi agar keperluan menyusui menjadi steril.

Keperluan bayi baru lahir yang lain adalah termometer digital, obat-obat, alat pelembab ruangan, dll. Obat-obatan dapat disediakan jika terjadi suatu keadaan emergensi seperti bayi yang mengalami panas mendadak. Sementara itu, termometer digital dibutuhkan agar mengetahui bahwa bayi memiliki suhu yang normal atau demam. Bayi yang baru lahir sangat sensitif terhadap keadaan lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, penting untuk mengatur kelembapan dari ruangan yang akan ditempati oleh bayi baru lahir dengan menggunakan humidifier atau alat untuk melembapkan ruangan.

Saat akan membeli peralatan bayi yang baru lahir, ibu sebaiknya mempersiapkannya jauh-jauh hari. Paling tidak sebelum usia kandungan menginjak 8 bulan karena saat itu ibu akan lebih susah dalam bergerak. Selain itu, pastikan belanja segala sesuatunya dalam waktu bersamaan sehingga ibu tidak perlu pergi terlalu sering.

shares