Apartemen atau Rumah Minimalis, Pilih Mana?

Apartemen atau rumah minimalis

Harga tanah yang semakin mahal dan ditambah lagi dengan biaya hunian yang semakin tinggi membuat pilihan untuk membeli rumah tidak banyak bagi para milenials. Bayangkan saja di kota-kota besar seperti di Jakarta rumah seharga 1,5-2M hanya mendapatkan luas bangunan kurang dari 100m2. Mau tidak mau pilihan mereka jatuh kepada apartemen yang jika dihitung-hitung kisaran cicilannya bisa sama dengan cicilan rumah minimalis dengan luas tanah mulai dari 60m2 hingga 90m2. Tapi sebenarnya lebih baik yang mana ya?

Kedua pilihan tersebut sama-sama baik bila melihat dari tujuanmu memiliki hunian rumah minimalis atau apartemen. Biar tidak bingung lagi harus memilih yang mana, yuk baca point-point berikut ini:

  1. Status Kepemilikan Hunian

Bila kamu membeli rumah, berarti kamu memiliki hak atas bangunan dan tanah seluas yang ada di dalam akta kepemilikan dengan jangka waktu seumur hidup. Sedangkan apartemen, kamu hanya berhak atas sebuah ruangan dengan jangka waktu kurang lebih 25tahun.

  1. Biaya Pemeliharaan

Tanggung jawab pemeliharaan rumah jatuh sepenuhnya pada kamu, namun untuk apartemen biaya tersebut ditanggung oleh pengelola, kamu cukup membayar biaya pemeliharaan bulanan saja yang mungkin tidak sebesar pemeliharaan rumah.

  1. Lingkungan

Komplek perumahan dan apartemen sama-sama memiliki lingkungan yang tertata dengan rapi. Namun, akan berbeda bila kamu membeli rumah bekas atau mendirikan rumah di luar dari sebuah town house. Lingkungan tersebut mungkin ada yang tertata dengan rapi dan ada yang tidak. Sebelum membeli pastikan kamu sudah mengecek lingkungan di sekitaran rumah atau apartemen tersebut apakah sesuai atau tidak.

  1. Lokasi

Lokasi yang mendekati pusat kota akan memiliki harga yang lebih mahal. Bila memang tidak terlalu mementingkan jarak dengan pusat kota, tidak ada masalahnya bila mencari di pinggiran kota. Hal terpenting adalah dekat dengan stasiun kereta, bus, atau transportasi umum lainnya.

  1. Tujuan Membeli

Poin ini sebenarnya yang akan bisa membantu mu untuk memilih apartemen atau rumah. Biasanya, orang kebanyakan membeli apartemen untuk dijadikan investasi atau hunian sementara lalu over-credit kepada orang lain untuk bisa membeli rumah. Namun, memang kamu ingin menjadikan apartemen hunian juga tidak masalah, karena ada plus minus yang ditawarkan seperti hanya tinggal membayar biaya bulanan dan tidak perlu repot memikirkan hal lain.

Jadi, sudahkah kamu memutuskan akan membeli rumah minimalis atau apartemen?

shares