6 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami Sebelum Jadi Silent Killer

6 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami Sebelum Jadi Silent Killer

Tidak hanya kategori lanjut usia saja yang dapat mengalami kenaikan kolesterol. Berbagai faktor dapat menyebabkan naiknya kadar kolesterol, tanpa peduli berapa usia orang tersebut. Oleh karena itu, diperlukan kestabilan kadar kolesterol. Menurunkan kolesterol secara alami adalah solusi efektif agar mencegah timbulnya penyakit terkait. Inilah 6 cara efektifnya.

  1. Mengoptimalkan Konsumsi Sayur dan Buah

Asupan sehat berupa sayur dan buah memang wajib dipenuhi demi kesehatan tubuh. Terkait dengan kadar kolesterol dalam darah, salah satu cara terbaik untuk menurunkan kolesterol adalah mengoptimalkan asupan sayur dan buah. Keduanya mampu memecah kolesterol jahat di dalam tubuh, sehingga tidak menumpuk sampai menimbulkan plak.

Jumlah sayur dan buah yang disarankan adalah sebanyak 500 gram setiap harinya. Jadi, penuhi asupan sayuran hijau dan buah-buahan segar. Buah alpukat yang banyak mengandung lemak baik atau HDL sangat baik dikonsumsi guna membantu memerangi kolesterol jahat.

  1. Mengurangi Makanan Berlemak dan Berminyak

Makanan yang berlemak dan berminyak tentu saja harus segera dikurangi jika ingin menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Batasilah dalam mengonsumsi makanan berlemak, baik itu lemak jenuh, maupun lemak trans.

Lemak trans adalah lemak yang terbentuk akibat proses hidrogenasi, misalnya yang terdapat pada popcorn, hamburger, hotdog, donat, dan junk food lainnya. Makanan berminyak juga mengandung lemak jenuh, sehingga tidak boleh dikonsumsi berlebihan. Akan tetapi, segera hindari saja jika kadar kolesterol Anda sudah tinggi.

  1. Mengonsumsi Makanan yang Kaya Omega-3 dan Serat Larut

Asam lemak omega-3 berfungsi mengurangi risiko penyakit jantung karena mampu menurunkan trigliserida dan kolesterol dalam darah. Beberapa makanan yang kaya akan omega-3 adalah ikan tuna, ikan salmon, makarel, sarden, biji chia, dan kacang kenari. Makanan yang mengandung serat larut juga membantu menurunkan kolesterol, di antaranya brokoli, wortel, pir, alpukat, dan apel.

  1. Menambah Asupan Protein Whey

Asupan protein whey yang optimal dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Tekanan darah yang tinggi juga dapat diturunkan. Dengan berbagai manfaatnya ini, Anda sangat terbantu dalam menstabilkan kadar kolesterol. Penumpukan kolesterol tidak akan terjadi.

  1. Rutin Olahraga

Rutin berolahraga juga sangat membantu menyehatkan tubuh. Pembakaran kolesterol jahat semakin optimal, sehingga tidak sempat menimbulkan penumpukan kolesterol. Anda juga lebih mudah dalam mengusir stres karena tubuh menjadi rileks dengan rutin berolahraga. Stres yang berkurang ini akan menstabilkan kadar kolesterol karena pelepasan hormon kortisol terkendali.

  1. Memenuhi Kebutuhan Istirahat

Tubuh tetap memerlukan istirahat yang cukup untuk mengembalikan energi yang sudah terkuras karena aktivitas yang dilakukan. Anda wajib menggunakan waktu istirahat secara optimal agar tidak stres. Seseorang yang terhindar dari stres tentu tidak mengalami kelebihan kolesterol. Pasalnya, hormon kortisol masih terkendali karena tidak ada pemicu stres itu tadi.

Berbagai cara jitu untuk menurunkan kolesterol secara alami di atas memang perlu diterapkan. Aturlah waktu dan pola hidup agar kondisi tubuh terjaga. Penstabilan kadar kolesterol dalam darah akan mendukung kesehatan jantung. Ingatlah kesehatan Anda setiap hari sebelum kolesterol yang menjadi silent killer yaitu tanpa disadari bisa menimbulkan penyakit yang mengancam jiwa.

shares